Langsung ke konten utama

Biografi Sunan Bonang

Assalamualaikum :)
  yeyy, kali ini saya akan bahas salah satu dari wali songo, yaitu Sunan Bonang. pada penasaran gk dengan biografi sunan bonang? yuk kita bahas ^_^


Biografi Sunan Bonang

Nama asli                                                             : Raden Maulana Makdum Ibrahim
Tanggal lahir                                                        : 1465 M
Orang tua                                                             : Ayah = Sunan Ampel
                                                                              Ibu = Nyai Ageng Manila
Daerah dakwah penyebaran Islam                       : desa kecil Bonang,  Lasem, Jawa Timur
Media dakwah penyebaran Islam                        : media kesenian yang disukai masyarakat. Seperti
                                                                               Sastra, tembang Lagu, gamelan Jawa, Pewayangan
Peninggalan Sunang Bonang                               : Pasujudan Sunan Bonang, tembang lagu Tombo
                                                                               Ati, tasawwuf berjudul Tanbihul Ghofilin.
Wafat                                                                    : 1525 M
              
                       Sunan Bonang dilahirkan pada tahun 1465, dengan nama Raden Maulana Makdum Ibrahim. Dia adalah putra Sunan Ampel dan Nyai Ageng Manila. Bonang adalah sebuah desa di kabupaten Rembang. Nama Sunan Bonang diduga adalah Bong Ang sesuai nama marga Bong seperti nama ayahnya Bong Swi Hoo alias Sunan Ampel.
Sunan Bonang dikabarkan juga memiliki hubungan darah dengan Nabi Muhammad SAW. Berikut ini adalah silsilah Sunan Bonang hingga sampai Nabi Muhammad SAW.
Sunan Bonang (Makdum Ibrahim) bin Sunan Ampel (Raden Rahmat) bin Sayyid Ahmad Rahmatillah bin Maulana  Malik Ibrahim bin Syekh Jumadil Qubro (Jamaluddin Akbar Khan) bin Ahmad Jalaluddin Khan bin Abdullah Khan bin Abdul Malik Al-Muhajir (dari Nasrabad, India) bin Alawi Ammil Faqih (dari Hadramaut) bin Muhammad Sohib Mirbath (dari Hadramaut) bin Ali Kholi’ Qosam bin Alawi Ats-Tsani bin Muhammad Sohibus Saumi’ah bin Alawi Awwal bin Ubaidullah bin Muhammad Syahril Ali Zainal ‘Abidin bin Hussain bin Ali bin Abi Thalib (dari Fatimah az-Zahra binti Muhammad SAW)
Karya sastra
                Ajaran Sunan Bonang berintikan ‘Cinta’ (‘Isyq). Sangat mirip dengan Jallaludin Rumi. Menurut Bonang, cinta sama dengan Iman, pengetahuan intuitif (makrifat) dan kepatuhan kepada Allah SWT. atau haq al yaqqin. Ajaran tersebut disampaikannya secara popular melalui media kesenian yang disukai masyarakat.
                Sunan Bonang banyak mengubah sastra terbentuk suluk atau tembang tamsil. Antara lain Suluk Wijil yang dipengaruhi kitab Al Shidiq karya Abu Sa’id Al Khayr. Sunan Bonang juga mengubah tembang “Tamba Ati” menjadi “Tombo Ati” yang kini masih sering dinyanyikan orang.
                Ada pula juga sebuah karya sastra dalam bahasa Jawa yang dahulu diperkirakan merupakan karya Sunan Bonang dan oleh ilmuwan Belanda seperti Schrieke disebut Het Boek Van Bonang atau buku (sunan) Bonang. Tetapi oleh G.W.J Drewes, seorang pakar Belanda lainnya, dianggap bukan karya Sunan Bonang melainkan dianggapkan sebagai karyanya.
                Dia juga menulis sebuah kitab yang berisikan tasawwuf berjudul Tanbihul Ghofilin. Kitab setebal 234 halaman ini sudah sangat popular dikalangan para santri.
                Sunan Bonang juga mengubah gamelan Jawa yang saat itu kental dengan estetika Hindu, dengan memberi nuansa baru. Dialah yang menjadi Kreator gamelan Jawa seperti sekarang, dengan menambahkan instrumen Bonang. Gubahahannya ketika itu memiliki nuansa dzikir yang mendorong kecintaan pada kehidupan transedental (Alam Malakut). Tembang “Tombo Ati” adalah salah satu karya Sunan Bonang.
                Dalam pementasan pewayangan, Sunan Bonang adalah dalang yang piawai membius penontonnya. Kegemarannya adalah mengubah lakon dan memasukkan tafsir-tafsir khas Islam. Kisah perseteruan Pandawa-Kurawa.
Keilmuan
                Sunan Bonang juga terkenal dengan ilmu kebathinannya. Ia mengembangkan ilmu (dzikir) yang berasal dari Rasulullah SAW, kemudian dia kombinasi dengan keseimbangan pernafasan yang disebut dengan rahasia Alif Lam Mim yang artinya hanya Allah SWT. yang tahu. Sunan Bonang juga menciptakan gerakan-gerakan fisik atau jurus yang Dia ambil dari seni bentuk huruf Hijaiyyah yang berjumlah 28 huruf dimulai dari huruf Alif dan diakhiri huruf Ya’. Ia menciptakan Gerakan fisik dari nama dan symbol huruf Hijaiyyah adalah dengan tujuan yang sangat mendalam dan penuh dengan makna, secara awam penulis artikan yaitu mengajak murid-muridnya untuk menghafal huruf Hijaiyyah dan nantinya setelah mencapai tingkatnya diharuskan baca dan memahami isi Al-Qur’an. Penekanan keilmuan yang diciptakan oleh Sunan Bonang adalah mengajak murid-muridnya untuk melakukan Sujud atau Sholat dan dzikir. Hingga sekarang ilmu yang diciptakan oleh Sunan Bonang masih dilestarikan di Indonesia oleh generasinya dan diorganisasikan dengan nama Padepokan Ilmu Sujud Tenaga Dalam Silat Tauhid Indonesia.
Wafat
Sunan Bonang wafat pada tahun 1525 M, dan saat ini makam aslinya berada di Desa Bonang. Akan tetapi saat ini yang sering diziarahi adalah makam yang Di Tuban.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

puisi friend zone

Cinta Tak Tersampaikan Hanya sekedar rasa suka                                            Bukan Lebih...                                                            Mengagumi dengan hanya                                           Melihatmu dari jauh                                                    Rasa ini tertutupi seketika                                           Saat kau mendekat Agar kau tidak mengetahui                                          Rasa ini bisa kau curahkan                                          Hanya dengan melalui                                                Tulisan tulisan pena si buku bertuliskan "DIaRY"                                       Tingkahmu yang seperti itu                                         Yang seolah memberi harapan                                    Tapi ku tak peduli itu                                                 Karna ku takut                                                         Masuk

Lirik Lagu Hivi! - Orang Ke-3

Saat berjumpa dan kau menyapa   Indah parasmu hangatkan suasana   Buatku tak percaya, mimpi indahku jadi nyata   Saat sendiri jalani hari   Bayang-bayangmu selalu menghampiri   Dan aku pun mengerti apa maunya hati ini     Namun tiba-tiba kau ada yang punya   Hati ini terluka   Sungguh ku kecewa, ingin ku berkata   Kasih maaf bila aku jatuh cinta   Maaf bila saja ku suka   Saat kau ada yang punya Haruskah ku pendam rasa ini saja   Ataukah ku teruskan saja Hingga kau meninggalkannya dan kita bersama   Namun tiba-tiba kau ada yang punya   Hati ini terluka (terluka) Sungguh ku kecewa (sungguh ku kecewa) ingin ku berkata Kasih maaf bila aku jatuh cinta Maaf bila saja ku suka   Saat kau ada yang punya Haruskah ku pendam rasa ini saja   Ataukah ku teruskan saja   Hingga kau meninggalkannya dan kita bersama   Akankah ada kesempatan untuk diriku menyatakan    Rasa yang selama ini ada   Kasih maaf bila aku jatuh cinta (maaf bila ka

Pray Hard, Dream Big, Never Give Up

Welcome at My Blog 2019 Suasana baru hohoho, selamat menggunakan kembali blog ini nggi hehehe. ya langsung aja, di blog pertama tahun 2019, setelah udah lama banget ga menggunakan blog ini, sudah terlihat di history nya, 2012, 2014, 2015 terakhir posting di blog ini. *Abaikan aja postingan pada tahun itu, karena beneran, alay banget puisi puisi ciptaan anggi ini wkwk.  nah gaes, jadi kali ini anggi akan memposting blog tentang, "Pray Hard, Dream Big, Never Give Up" seperti judul dan gambar yg ada di blog ini, kali ini mari kita bahas. Yap, semua orang punya Mimpi. Bukan hanya seorang Anggi Mirolisa, Kalian yang membaca ini juga punya mimpi, yang membedakan adalah mimpi kita berbeda. tidak bisa di sama ratakan, tidak bisa juga di paksakan sesuai keinginan orang lain. mungkin sedikit sharing anggi tuh punya mimpi yang mungkin "ah yakin lu bisa kaya gini", tapi tetap ini adalah mimpi yang gue mau wujudkan. bisa disebut ini cita cita juga si, gue punya cita ci